Tips Membeli Rumah Impian Pertama Kali

Dalam membeli rumah pertama, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan yakni berdasarkan jumlah anggota keluarga dan tentunya juga disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Persoalan berikut yang muncul adalah memilih dan membeli rumah itu sendiri, yang tidak bisa dilakukan dalam 1 atau 2 hari. 

Artinya bukan pekerjaan mudah jika Anda ingin membeli rumah yang benar-benar tepat. Jadi harus dipertimbangkan secara matang, karena bicara hunian tentunya ini terkait kenyamanan Anda dan keluarga selama bertahun-tahun ke depan.

Karena itu perlu diketahui tips membeli rumah pertama agar sukses dan Anda tidak menyesal di kemudian hari. 

Simak terus uraian berikut ya, karena akan mengupas segala hal yang perlu Anda ketahui seputar beli rumah.

Berikut beberapa tips mudahnya:

  1. Pertimbangkan tujuan jangka panjang 

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli rumah adalah tujuan utama dan tujuan jangka panjang membeli rumah. 

Jangan sampai Anda membeli rumah namun tidak dimanfaatkan dengan maksimal, apalagi jika rumahnya dibeli dengan cara mencicil.

Jadi, belilah rumah yang sebisa mungkin bisa memberikan manfaat untuk Anda, baik sebagai hunian maupun investasi. 

Dan jangan terburu-buru membeli rumah hanya karena harga yang ditawarkan sangat murah. Karena disamping harga, banyak pertimbangan lain yang harus Anda pikirkan, agar rumah ini bisa memberi nilai lebih untuk Anda dan keluarga.

  1. Beli rumah sesuai dengan kebutuhan

Sebelum membeli rumah, pastikan Anda telah menghitung kebutuhan dan keperluan keluarga. Lalu sesuaikan rumah yang akan dibeli dengan kebutuhan tersebut.

Misalnya, kalau Anda adalah keluarga kecil yang (berencana ingin) memiliki dua anak, maka Anda bisa membeli rumah dengan 3 kamar tidur. 

Sementara untuk ukuran atau luasnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Selain membuat spesifikasi mengenai ukuran atau fasililtas rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan desain yang akan dipilih, misalnya rumah minimalis, modern atau tradisional.

Termasuk pertimbangan terhadap kemungkinan untuk mengembangkan (renovasi) rumah tersebut di kemudian hari. 

  1. Beli rumah di waktu yang tepat 

Sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk membeli rumah?

Banyak orang akan menjawab pertanyaan ini dengan jawaban seperti saat kondisi pasar sedang membaik atau saat kondisi ekonomi sedang stabil dan sebagainya.

Jawaban tersebut memang tidak salah.

Namun, waktu yang tepat untuk membeli rumah tentunya adalah saat Anda memang sudah membutuhkan hunian, dan di saat yang bersamaan juga memiliki (sumber) dana untuk membelinya. Kapan pun itu!

Kalau sudah memenuhi kedua kondisi di atas, barulah Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk mencari dan memilih rumah, yang tentunya harus dilakukan di momen yang tepat. 

Contoh momen yang tepat itu misalnya saat ada perumahan yang baru dibuka dan memberikan banyak promosi serta potongan harga.

Atau Anda bisa kunjungi event khusus seperti pameran properti, dimana pengembang akan menawarkan potongan harga dan berbagai bonus menarik bagi pembeli rumah di event tersebut.

Saat pameran properti, Anda bisa pula menemukan banyak pilihan rumah dengan berbagai penawaran menarik yang tidak akan Anda temui setiap hari. 

Kelebihan lain dari pameran properti, Anda juga bisa lebih hemat waktu, karena akan lebih mudah bagi Anda untuk membandingkan setiap rumah dengan penawaran menariknya karena semua informasi bisa Anda dapatkan di satu tempat.

Lagi pula, di pameran ini Anda juga bisa dengan leluasa bertanya langsung pada pengembang atau agen properti seputar keunggulan rumah yang mereka tawarkan. Termasuk soal diskon harga, atau DP maupun bonus menarik lainnya.

  1. Konsultasi dengan agen properti

Bicara agen properti, Anda bisa juga konsultasikan mengenai rencana pembelian rumah pertama dengan jasa profesional seperti ini. 

Karena jika Anda masih awam, tentu butuh masukan dari pihak yang berpengalaman. 

Dan mereka akan membantu Anda dalam mendapatkan rumah yang sesuai kebutuhan, bahkan dengan penawaran terbaik.

Jadi, agen properti akan membantu Anda menemukan rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan, termasuk juga akan menjelaskan segala hal yang perlu Anda ketahui, misalnya seputar proses dan jenis pinjaman untuk pembelian rumah.

Keuntungan lainnya membeli rumah dari agen adalah biasanya karena mereka memiliki network yang luas, jadi mereka bisa mencarikan hunian yang cocok dan memenuhi kriteria Anda dalam waktu relatif singkat.

Bahkan dalam sebuah survei diketahui bahwa rumah yang dijual oleh agen properti, harganya sama atau bahkan lebih rendah dibanding yang ditawarkan langsung oleh pemilik.

Lagipula, agen pasti akan memberikan penawaran harga yang fair karena mereka mengetahui harga pasaran di setiap daerah. Jadi Anda akan terhindar dari harga yang dipatok secara asal-asalan.

Namun pastikan juga bahwa agen properti yang Anda pilih sudah terpercaya.

Agen properti dengan track record yang baik setidaknya akan memberikan jaminan pada Anda bahwa urusan pembelian rumah akan jadi lebih mudah dengan mereka, dan bukan malah sebaliknya.

Beberapa tips mudah dalam memilih agen properti antara lain adalah mengecek secara online , anda juga bisa menghubungi tim kami untuk mencari rumah impian anda khususnya di kota malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Klik Di sini