Membuat Kamar Tidur Menjadi Nyaman

Kamar tidur tempat kita melepas lelah setelah melakukan aktvitas bekerja seharian. Jika Kamar tidur tampak tidak nyaman , kita juga tidak bisa beristirahat dengan nyaman.

Membuat kamar tidur terasa nyaman

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, karena kamar secara fungsional merupakan tempat untuk beristirahat, maka sebuah kamar haruslah memiliki aspek kenyamanan di dalamnya. Apalagi bila kamar tersebut tidak memiliki ruang yang cukup besar. Apabila Anda salah dalam mendesain ruangan tersebut maka efeknya membuat kamar Anda menjadi lebih sesak.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati hal tersebut.

Tempatkan jendela sebagai sirkulasi udara

Hal yang paling penting harus ada pada setiap ruangan sempit adalah jendela. Jendela berguna sebagai media sirkulasi udara agar kamar Anda tidak terasa sesak dan panas.

Dengan menggunakan jendela yang ukurannya besar, Anda tidak hanya menjadikan itu sebagai media sirkulasi udara, namun juga dapat membantu penerangan pada ruang kamar Anda.

Selain membuat kamar Anda lebih terang tanpa perlu menempatkan banyak lampu di dalamnya, pencahayaan alami berupa sinar matahari yang masuk dalam kamar akan membuat kamar Anda bebas dari jamur dan lembab.

Bila kamar Anda tidak memiliki jendela di dalamnya, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menempatkan exhaust fan/ventilating fan sebagai sirkulasi pada kamar Anda.

Tempatkan pula indirect lighting sebagai pencahayaan buatan pada kamar. Selain terlihat lebih terang, pencahayaan indirect lighting ini bisa membuat tidur Anda lebih nyaman karena cahayanya yang lembut.

Pilih furniture yang simpel dan tata dengan baik

Terkadang saking inginnya membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman, orang-orang menempatkan semua barang-barangnya di dalam kamar. Hal ini dilakukan dengan alasan agar ia tidak perlu repot-repot untuk keluar kamar, karena semua barang yang ia butuhkan sudah tersedia di kamar tersebut.

Kamar tidur pribadi berbeda dengan kamar kost atau kamar hotel, sehingga Anda tidak perlu melakukan hal tersebut. Pilihlah barang-barang yang penting dan tepat guna untuk mengisi kamar Anda. Jangan tempatkan barang-barang yang tidak perlu ke dalam kamar karena akan membuat kamar Anda terasa sesak.

Selain itu, hindari penggunaan furniture dengan material bertekstur dan berpola karena biasanya furniture dengan desain demikian akan memenuhi space pada kamar dan mempersempit ruang gerak Anda. Serta gunakan hidden storage yang bisa ditempatkan di bawah ranjang. Gunanya sebagai tempat menyimpan barang-barang Anda agar terlihat rapi.

Tempatkan cermin di kamar

Pengaplikasin cermin besar dalam ruangan sempit dirasa sangat penting, karena cermin dapat menciptakan ilusi memperluas ruangan.

Anda tidak perlu menempatkan cermin tersebut menutupi hampir seluruh dinding kamar. Cukup tempatkan cermin tersebut pada posisi sentral yang dapat meng-ekspose ruangan secara keseluruhan, seperti gantungkan di atas tempat tidur sebagai pengganti headboard.

Jika Anda kesulitan menempatkan cermin pada dinding Anda karena sudah terlalu banyak hiasan yang digantungkan di tempat tersebut, maka Anda bisa menempatkan cermin menempel dengan pintu lemari baju.

Namun untuk yang satu ini mungkin Anda perlu memesan secara custom lemari tersebut, karena tidak semua lemari dipasaran menempatkan cermin sebagai pelapis pintunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Klik Di sini