Hindari Rumah Yang Tidak Sehat

Pentingnya memiliki rumah sehat tentu karena ini berperan besar dalam mengurangi risiko penyakit.

Sebaliknya, rumah tidak sehat tidak hanya akan mengganggu kenyamanan, tapi juga bisa membahayakan kondisi Anda dan keluarga.

Karena itu penting untuk Anda ketahui sejumlah ciri rumah tidak sehat berikut :

Rumah Sangat Dekat Dengan Perindustrian

Dalam hal ini, kondisi yang tak sehat bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang tidak secara langsung berhubungan dengan rumah.

Misalnya saja di dekat lingkungan rumah terdapat sumber pencemaran udara dan air seperti pabrik.

Atau lingkungan yang tidak memiliki jarak aman dengan pendirian gardu listrik bahkan sutet. Kalau Anda menempati rumah di sekitar lingkungan seperti ini, bahayanya berupa radiasi elektromagnetik hingga tersambar petir.

Keberadaan pepohonan dan tanaman tak hanya menyuguhkan nuansa yang asri, tapi juga bisa jadi ciri lingkungan yang sehat.

Jadi kalau hunian Anda berada di lingkungan yang gersang tanpa pepohonan atau tumbuhan, bisa dibilang ini masuk ke dalam rumah yang tidak sehat.


Struktur Bangunan Salah

Struktur bangunan yang salah juga termasuk dalam kondisi rumah yang tidak sehat

Selain itu bahan tidak berkualitas bisa membuat rumah gampang rusak, sehingga Anda dipaksa harus melakukan perbaikan di setiap sudut nantinya.

Bicara bahan bangunan, yang wajib juga Anda ketahui adalah adanya material yang bisa menghasilkan zat berbahaya bagi kesehatan.

Sebenarnya banyak pilihan untuk membangun rumah dari material yang aman dan sehat. Biasanya bisa dari bahan alami yang tidak melalui industri dan melibatkan bahan kimia, misalnya batu alam, tanah liat, kayu, bambu, bata merah, genteng tanah dan sebagainya.

Selain bahan, perhatikan juga struktur bangunan, kalau terbilang rumit ini pun masuk dalam ciri rumah tidak sehat, karena hanya akan mempersulit Anda untuk membersihkannya.

Minim air bersih atau langka di daerah tertentu

Kalau Anda melakukan kegiatan seperti memasak, mandi, mencuci hingga buang air dengan kondisi air yang berbau dan berwarna, sudah pasti ini akan berpengaruh pada kesehatan.

Idealnya setiap orang harus mendapat pasokan air bersih lebih kurang 60 liter setiap harinya.

Selain ketersediaan air bersih, perlu juga diperhatikan saluran pembuangan air. Rumah tidak sehat memiliki saluran pembuangan yang tidak dikelola dengan baik, sehingga airnya menggenang dan menimbulkan aroma menyengat.

Genangan air yang terdapat di sekitar lingkungan rumah bisa jadi sarang nyamuk penyebab penyakit. Karena itu, jika Anda menemukan ada genangan air di sekitar rumah, ini bisa jadi ciri rumah tidak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Klik Di sini