Ciri Rumah Desa Yang Menarik Untuk Ditiru

Zaman yang sudah sedemikian maju ini membuat segala sesuatu jadi berangsur modern. Tidak ketinggalan, rumah dengan konsep modern juga makin diminati setiap harinya. Padahal, rumah-rumah desa juga merupakan hal yang tak kalah menarik untuk dibahas.

Dalam pembangunannya, rumah desa terkenal dengan pembagian-pembagian area yang detail. Pembagian area ini biasanya didasarkan pada kegiatan yang dilakukan di masing-masing area. Tidak heran, kita bisa menemui rumah-rumah desa dengan bentuk yang terpisah-pisah.

Seperti rumah tradisional Jawa dan Bali, kita bisa melihat karakteristiknya yang tidak sama dengan rumah modern. Rumah desa seperti ini memiliki konsep rumah utama dan bangunan-bangunan pendukung lainnya di sekitar rumah utama.

Rumah-rumah desa tersebut biasanya memberikan area yang spesifik untuk aktivitas tertentu. Misalnya, area untuk beribadah, area untuk menerima tamu, area pribadi, maupun area untuk melakukan aktivitas rumah tangga seperti memasak dan mencuci.

Hal ini membuat pemilik rumah desa dapat bereksplorasi dan mengoptimalkan penggunaan lahan. Apalagi jika tanahnya subur dengan ketersediaan air yang cukup. Tentu saja akan sangat disayangkan jika pemilik tidak memanfaatkan lahan ini untuk membuat kebun kecil di pekarangan.

Dengan melakukan hal ini ketika membangun rumah, anda dapat menjadi lebih produktif. Selain dapat menanam sayur mayur sendiri untuk dikonsumsi, anda juga bisa menjual hasil panen kebun kecil anda di rumah ke tetangga atau pasar-pasar tradisional.

Sedangkan di perkotaan, ketersediaan lahan adalah problem yang cukup pelik. Bahkan untuk sekedar menyisakan lahan kosong di belakang rumah pun kadang tidak bisa. Terlebih bagi mereka yang tinggal di apartemen maupun rumah susun.

Namun bila anda mau, anda tetap bisa menanam sayuran maupun buah meski tidak ada lahan seperti halnya mereka yang tinggal di rumah desa. Caranya yakni dengan menanam sayuran atau buah dalam pot. Tentu akan jadi sesuatu yang spesial saat kita mengkonsumsi buah dan sayur hasil panen sendiri meski tinggal di tengah perkotaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Klik Di sini