Cara Mudah Ciptakan Kamar Tidur Sehat

Tak hanya memperhatikan fungsi estetika, Anda juga dituntut untuk menciptakan kamar tidur sehat. Kamar tidur sehat tentunya akan membuat seseorang betah dan merasa nyaman ketika sedang beristirahat di ruang paling privasi di dalam rumah ini. Lantas, seperti apa cara menciptakan kamar tidur seperti ini? Berikut ini Kompas.com rangkumkan beberapa langkahnya seperti dilansir dari PopSugar :

1.Buka jendela di pagi hari
Untuk menciptakan kamar tidur lebih sehat, Anda bisa memulainya dengan membuka jendela setiap pagi hari. Hal itu sangat dibutuhkan terutama pada kondisi Pandemi Covid-19 saat ini yang membutuhkan banyaknya cahaya matahari masuk ke setiap sudut rumah. Selain itu, cara ini juga akan menyegarkan ruang dan menghilangkan gas berbahaya yang dapat bertambah di dalam ruangan dari waktu ke waktu.

2. Letakkan tanaman hijau Selain mempercantik kamar tidur, tanaman hijau juga akan membuat kamar tidur lebih sehat. Mengapa demikian? Ini disebabkan, tanaman dapat melepaskan oksigen dan membantu menyaring senyawa berbahaya yang dipancarkan oleh pembersih rumah sehari-hari, misalnya deterjen dan parfum.

3. Rajin cuci seprai dan lainnya Tahukah Anda? Tungau kulit, kotoran, dan debu mati yang berkumpul di tempat tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti, penyakit pernafasan hingga menimbulkan jerawat. Namun, untuk menyingkirkan permasalahan itu, Anda hanya butuh untuk mencuci seprai, selimut, dan sarung bantal maupun guling setiap 1-2 minggu sekali.

4. Menggunakan air purifier (pemurni udara) Pemurni udara atau biasa disebut air purifier telah terbukti untuk membuat kamar tidur jadi lebih sehat. Sebab, alat canggih ini dapat meredakan gejala pernafasan seperti asma, menetralisir bau tidak sedap, dan memurnikan kamar tidur dari polutan berbahaya.

5. Jauhkan peralatan kantor Dalam satu ruangan di apartemen tipe studio, banyak pengembang memaksimalkan beberapa fungsi kamar tidur, misalnya untuk dijadikan tempat istirahat sekaligus ruang kerja. Namun, sebaiknya Anda menjauhkan peralatan kantor dari tempat tidur, terutama jika peralatan ini berfungsi sepanjang waktu. Penelitian menunjukkan, printer laser memancarkan partikel kecil ke udara yang sangat berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Klik Di sini