Mau Membangun Bisnis Rumah Walet? Cek Disini

Walet hidup secara berkoloni. Ia akan membentuk sarang dari air liurnya sendiri yang kemudian mengeras. Menariknya, sarang walet mempunyai banyak jenis. Selain itu, juga dipengaruhi banyak faktor, salah satunya tingkat polusi.

Perhatikan saja, sarang walet dari Pulau Kalimantan dikenal sangat putih, sedangkan dari Pulau Jawa lebih kuning.Nah, sarang walet inilah yang kemudian banyak diperdagangkan dengan berbagai tujuan.

Mulai dari tujuan konsumsi, kesehatan, kecantikan, hingga berbagai tujuan bermanfaat lainnya.

Saat ini sudah banyak ahli yang menawarkan beberapa desain rumah walet sederhana untuk golongan menengah ke bawah.Tidak usah khawatir, karena di sini akan dijelaskan cara membuatnya dengan biaya murah, yaitu sebagai berikut.

Mengurangi Ukuran atau Luas Rumah Walet

Anda bisa menggunakan gedung yang akan dijadikan rumah walet dengan ukuran di bawah standar kebanyakan. Sebagai catatan, ini juga termasuk jumlah lantai dan tinggi per lantainya ya.

Nah, untuk menghemat biaya, ketinggian per lantai yang biasanya diterapkan pebisnis rumah walet adalah 2 m hingga 2,5 m.

Pilih Bangunan yang Terjangkau

Biaya terbesar untuk membuat rumah walet adalah membeli bangunan dan tanah. Anda bisa pilih bangunan dan tanah yang berada di pinggiran, karena harganya belum mahal. 

Ya, dengan bisnis rumah walet ini Anda tidak perlu mempertimbangkan lokasi properti strategis atau tidak.  Hal yang harus dipertimbangkan adalah keberadaan habitat burung walet itu sendiri, baik itu di pedalaman atau hutan sekalipun. 

Jika Anda tidak punya dana untuk membeli bangunan khusus, maka bisa memanfaatkan hunian sendiri.

Gunakan Material yang Lebih Murah

Dibanding menggunakan styrofoam sebagai penahan panas, Anda bisa berhemat dengan menggunakan aluminium foil. Lalu aluminium foil tersebut bagian dalamnya dilapisi oleh kalsiboard yang dipasang terbalik.

Selain styrofoam dan aluminium foil, Anda juga bisa menggunakan kardus, atap daun atau benda yang bahan bakunya dari alam.

Buat Kolam dengan Terpal

Kolam salah satu bagian yang penting dalam rumah walet karena bertujuan untuk memperoleh kelembaban.  Jika punya modal lebih, Anda bisa menggunakan kolam beton atau pengabut.

Namun untuk Anda yang dananya terbatas, kolam bisa dibuat dengan bahan dari terpal atau ember.

Cara lainnya bisa menggunakan wadah berisi pasir dan air. Kemudian letakkan bata merah di atas pasir tersebut.Peletakkan bata di sana sangat berguna untuk mempercepat proses penguapan sehingga lembab.

Bata merah diletakkan dengan posisi tegak, sebagian besar bata merah tersebut tidak terkena pasir.

Lalu apabila pasir sudah mulai mengering, tambahkan lagi airnya. Mudah, bukan?

Buat Ventilasi dengan Sisa Kayu dan Papan

Pada umumnya pembuatan ventilasi pada rumah walet menggunakan pipa 3 inci atau 4 inci dengan jarak sekitar 1 m. Namun apabila ingin berhemat, Anda bisa menggunakan sisa kayu dan papan sebagai ventilasi.

Jadi tidak ada alasan untuk mengurungkan niat berbisnis di bidang perwaletan ya.Pasalnya, dengan dana terbatas pun Anda bisa tetap menjalani bisnis menjanjikan yang satu ini.

Manfaat Sarang Walet

Selain sebagai makanan, sarang burung walet juga dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Sebagian manfaat sarang burung walet tersebut telah didukung oleh riset yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Obesitas

Di dalam sebuah penelitian, didapatkan hasil bahwa sarang burung walet merupakan bahan makanan yang memiliki antioksidan dan antiperadangan. Penelitian dilakukan pada tikus yang mengonsumsi makanan tinggi lemak. Tikus tersebut diteliti selama tiga bulan untuk melihat bagaimana dampak efek antioksidan dan antiperadangan dari sarang burung walet.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat sarang burung walet dapat mencegah terjadinya obesitas yang berkaitan dengan peradangan dan stres oksidatif pada tikus. Hal ini membuka peluang untuk menjadikan sarang burung walet sebagai suplemen pencegah obesitas pada manusia. Tentu saja, temuan tersebut masih membutuhkan pengujian lebih lanjut untuk memastikan efeknya pada manusia.

Diabetes

Penelitian lain yang juga menggunakan tikus sebagai bahan percobaan, menunjukkan efek positif dari sarang burung walet. Studi kali ini menyoroti pemakaian sarang burung walet guna menurunkan risiko terjadinya gangguan insulin, seperti pada penyakit diabetes.

Dari hasil penelitian tersebut didapatkan data bahwa manfaat sarang burung walet dapat memperbaiki kadar insulin pada hewan percobaan yang diberikan diet tinggi lemak dan gula. Efek ini diprediksi dapat mencegah terjadinya resistensi insulin.

Meski demikian, penelitian pada manusia untuk memastikan manfaat sarang burung terhadap penyakit diabetes masih belum dilakukan, dan fakta tersebut masih memerlukan pembuktian lebih lanjut.

Osteoarthritis

Sebuah penelitian menemukan adanya potensi manfaat sarang burung walet untuk dijadikan pengobatan penyakit osteoarthritis. Hal tersebut berdasarkan adanya komponen tertentu pada sarang burung walet yang ditengarai bisa mengurangi tingkat keparahan osteoarthritis dan membantu merangsang pertumbuhan tulang rawan. Penelitian ini baru dalam tahap penelitian di laboratorium.

Selain diyakini dapat membantu mengatasi tiga penyakit yang telah disebutkan di atas, manfaat sarang burung walet lainnya adalah meningkatkan daya tahan tahan tubuh. Bahkan sebuah penelitian di laboratorium menyimpulkan bahwa sarang burung walet dapat digunakan sebagai terapi untuk mengurangi efek samping kemoterapi, meski penelitian klinis untuk membuktikan hal ini belum ada.

Manfaat sarang burung walet memang baik bagi kesehatan, namun berhati-hatilah dalam mengonsumsi sarang burung walet, terutama bagi anak-anak. Hal ini karena sarang burung walet mengandung protein dengan sifat yang menyerupai protein penyebab alergi pada telur.

Selain itu, manfaat sarang burung sebagai obat alternatif sejauh ini masih belum didukung oleh bukti ilmiah yang akurat. Karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi sarang burung walet sebagai suplemen pendamping pengobatan suatu penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Klik Di sini