Mitos Bahaya Rumah Di Bawah Sutet

Rumah anda dekat sutet atau persis di bawah kabel sutet? Yuk cari tau ada fakta apa bahaya rumah di bawah sutet.

Indonesia sendiri sebenarnya telah memiliki aturan yang mengatur tentang jarak minimal yang harus dipatuhi masyarakat agar terhindar dari gangguan kesehatan dan risiko kerusakan yang disebabkan oleh SUTET.

Berikut kami berikan penjabarannya kepada Anda.

Aturan pendirian bangunan di daerah SUTET

(Photo: iStock)

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 18/2015 tentang ruang bebas dan jarak bebas minimum pada SUTET.

Ruang bebas sendiri maksudnya area dengan jarak atau radius tertentu yang diukur dari tapak tiang SUTET yang harus terbebas dari bangunan apapun.

Di dalam peraturan menteri tersebut diatur jarak aman yang harus dipenuhi berdasarkan jenis dan kapasitas tegangan SUTET, seperti berikut:

  • SUTT 55kV jenis tiang baja memiliki ruang bebas 4 meter
  • SUTT 66kV jenis tiang beton memiliki ruang bebas 4 meter
  • SUTT 66kV jenis menara memiliki ruang bebas 7 meter
  • SUTT 150kV jenis tiang baja memiliki ruang bebas 7 meter
  • SUTT 150kV jenis tiang baja memiliki ruang bebas 6 meter
  • SUTT 150kV jenis tiang beton memiliki ruang bebas 5 meter
  • SUTT 150kV jenis menara memiliki ruang bebas 10 meter
  • SUTET 275kV jenis sirkuit ganda memiliki ruang bebas 13 meter
  • SUTET 500kV jenis sirkuit tunggal memiliki ruang bebas 22 meter
  • SUTET 500kV jenis sirkuit ganda memiliki ruang bebas 17 meter
  • SUTTAS 250kV memiliki ruang bebas 14 meter
  • SUTTAS 500kV memiliki ruang bebas 18 meter

Selain mengatur jarak aman menara SUTET, aturan ini juga mengatur tentang tinggi bangunan yang masih dianggap aman dari konduktor atau kabel SUTET.

  • SUTT 66kV memiliki jarak bebas 12,5 meter dari permukaan tanah dengan tinggi maksimal bangunan 8 meter
  • SUTT 150kV memiliki jarak bebas 13,5 meter dari permukaan tanah dengan tinggi maksimal bangunan 8 meter
  • SUTET 275kV memiliki jarak bebas 15 meter dari permukaan tanah dengan tinggi maksimal bangunan 8 meter
  • SUTET 500kV memiliki jarak bebas 13 meter dari permukaan tanah dengan tinggi maksimal bangunan 9 meter
  • SUTTAS 250kV memiliki jarak bebas 17 meter dari permukaan tanah dengan tinggi maksimal bangunan 7 meter

Terdapat juga sanksi yang akan diberlakukan pemerintah bagi masyarakat yang membangun rumahnya terlalu dekat dengan SUTET dan tidak sesuai dengan peraturan tersebut, yaitu tidak dikeluarkannya Izin Mendirikan Bangunan atau IMB dari pemerintah. Dengan kata lain, bangunan tersebut dinyatakan ilegal.

Hal-hal yang dapat dilakukan dalam mengurangi dampak SUTET

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki rumah di bawah SUTET atau berdekatan dengan SUTET, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa Anda terapkan pada rumah Anda untuk mengurangi dampak medan listrik dan medan magnet yang disebabkan oleh SUTET.

1. Hindari material logam

Logam sendiri merupakan material penghantar listrik, jadi hindari pemakaian atap dan juga jemuran bermaterial logam. Sebaliknya gunakan genteng keramik, asbes, PVC, bitumen atau sirap sebagai atap rumah Anda. Serta, ganti jemuran bermaterial logam Anda dengan menggunakan tali atau kayu. Jika tidak, letakkan jemuran Anda di bawah pohon untuk mereduksi risiko medan listrik. Terakhir, pastikan rumah Anda memiliki plafon untuk mengurangi dampak radiasi elektromagnetik dari SUTET.

2. Sistem grounding (Pertanahan)

Tips yang satu ini dapat Anda terapkan apabila penggunaan atap berbahan logam tidak dapat terhindarkan. Prinsip sistem grounding sendiri adalah mentanahkan setiap material yang terbuat dari logam agar terjadi penetralan setelah terkena dampak radiasi dari SUTET.

Secara sederhana sistem ini dapat Anda buat dengan menambahkan kabel menuju ke dalam tanah. Hal tersebut juga berlaku bagi kendaraan Anda. Usahakan kendaraan bermotor yang Anda miliki ditanahkan untuk menghilangkan medan elektrostatis akibat induksi SUTET.

3. Lakukan penghijauan

Perbanyak tanaman hijau di sekitar rumah Anda untuk mengurangi risiko radiasi gelombang elektromagnetik yang disebabkan oleh SUTET. Namun perlu diperhatikan ketinggian dan batas-batas ruang bebas dalam menanam pohon. Puncak pohon haruslah berjarak minimum 15 meter dari kabel SUTET terbawah.

4. Hindari beraktivitas di luar rumah pada malam hari

Masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah SUTET sebaiknya menghindari melakukan aktivitas di luar rumah pada malam hari. Hal ini dikarenakan pada saat malam hari arus yang mengalir pada kawat penghantar SUTET lebih tinggi daripada siang hari.

Setelah membaca penjabaran yang telah kami berikan terkait membangun rumah di kawasan SUTET, apakah Anda masih tertarik untuk memiliki rumah di daerah tersebut? Jika iya, ada baiknya terlebih dahulu Anda berkonsultasi dengan para Ahli atau pakar di bidangnya, untuk mengetahui lebih lanjut terkait risiko yang mungkin Anda terima bila bermukim dekat dengan SUTET.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan Klik Di sini